Pada mata kuliah ini, Mahasiswa belajar tentang: Pemahaman yang mendasar tentang pemikiran filsafat dan filsafat Ilmu. Mempertanyakan hal-hal yang mendasar terhadap segala sesuatu untuk mendapatkan jawaban tentang kebenaran adalah pendekatan Filsafat. Ontologi adalah ruang lingkup dalam pengkajian keilmuan, Epistemologi adalah tata cara untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, Aksiologi adalah pertangungjawaban nilai kemanusian terhadap perkembangan ilmu. Mengenal Kata, Konsep dan Definisi dalam penelitian dan penulisan ilmiah.


Mata Kuliah Metode Penelitian Sosial Kualitatif (MPS-Kualitatif) adalah Matakuliah yang akan mempelajari metode penelitian sosial yang akan melihat data dari sisi induktif/ data subyektif.. 

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang, konsep dan teori Partai Politik dan Pemilu, Politik sebagai dasar dalam mendirikan Partai Politik Di Indonesia, Berbagai Penyelenggaraan Pemilu di Indonesia, Kelembagaan Penyelenggara Pemilu, keikutsetaan Parpol dalam Pemilu, Perundang Undangan Partai, tahapan penyusunan DPT, Pembentukan Daerah Pemilihan, hubungan Parpol dan Pemilu dgn Pemerintahan di Indonesia.


Setelah menempuh mata kuliah ini, peserta diharapkan mampu menerapkan pelbagai teori tata kelola SDM Pemerintahan dalam kegiatan praktis, serta siap mengimplementasikan tata kelola SDM sesuai dengan standard yang berlaku.

Mata Kuliah ini bertujuan Membentuk sarjana muslim yang mengenal diri dan Tuhan, misi, tujuan dan manfaat hidupnya sebagaimana dituntunkan dalam al-Qur’an dan as-Sunnah

Mata Kuliah ini mengkaji persoalan-persoalan aktual dan mendasar dalam kehidupan masyarakat dari berbagai dimensi secara tematik dalam lingkup materi Tuhan, manusia dan kehidupan.
Tematik yang dimaksud yaitu Hakekat Manusia, Iman dan Tauhid yang Benar; Syirik, Takhayul, Bid’ah dan Khurafat, Rukun Iman, Tema-tema tersebut diturunkan dari nilai-nilai Islam yang bersumber dari alQur’an dan as-Sunnah.