Assa......

1. gambaran dan terima kasih 

ada berapa bab d bab apasaja



Desain Komunikasi Visual merupakan seni dalam menyampaikan informasi atau pesan dengan menggunakan bahasa rupa / visual yang disampaikan melalui media berupa desain. Desain Komunikasi Visual bertujuan menginformasikan, mempengaruhi, hingga mengubah perilaku target (audience) sesuai dengan tujuan yang ingin diwujudkan. Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik, dan berbagai aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya.



Assalamualaikum Wr.Wb.

Salam hangat dan bahagia untuk kita semua... Apa Kabaar? Semoga semua dalam keadaan sehat dan semangat... Sebelum memulai perkuliahan, saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu, Saya Aditya Dimas Pratama,S.I.Kom.,M.I.Kom sebagai Dosen Pengampu Mata Kuliah Produksi Film Program Studi Ilmu Komunikasi Semester 7 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember.

Dunia perfilman Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, mengingat layar bioskop Indonesia kini didominasi oleh film karya anak bangsa. Animo masyarakat pun turut meningkat terhadap film-film Indonesia dengan kualitas yang bukan main-main, seperti film “Habibie & Ainun” yang telah terlebih dahulu merebut perhatian para penikmat sinema Biografi Sosok Presiden Republik Indonesia ke 3 sebelum ditayangkan di negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Bahkan film remaja pun mampu bersaing dalam layar lebar, terbukti penjualan tiket film “Dilan” yang baru-baru ini viral telah menembus lebih dari 5.000.000. Tampaknya, selain ceritanya yang menarik, sinematografinya pun sudah ala-ala drama Asia yang menunjukkan suatu peningkatan dibanding tampilan film Indonesia di era-era sebelumnya. Nah, dibalik film-film berkualitas itu, ada sutradara dan kru yang bekerja keras siang malam bertemu pagi demi menghasilkan kepuasan audiens. Untuk menjadi seperti mereka, ternyata ada sekolahnya lho! Di Indonesia, barangkali kampus ini cocok untuk Sobat  yang ingin mengetahui bidang keilmuan perfilman. Apa saja sih? Scroll this down, guys!


Keseharian Kuliah Jurusan Film

Pada tahun pertama, anda akan bekerja secara individu dan dalam kelompok, juga terlibat dengan unsur-unsur kreatif dan mekanik penulisan untuk film dan televisi, yang dirancang guna mengembangkan keterampilan teknis dan menumbuhkan kesadaran kreatif.

Melalui kelas dan praktik langsung, di jurusan film nanti kalian akan belajar keterampilan pengaturan kamera, pencahayaan, pasca produksi, rekaman suara, produksi dan penyutradaraan. Sebagai tugas tengah semester biasanya mahasiswi/a akan membuat film pendek selama lima menit serta garis besar untuk drama televisi asli.

Lanjut ke  jurusan film, kalian akan mulai menemukan gaya visualmu sendiri yang unik melalui latihan dan eksplorasi. Keterampilan filmografi maupun filmmarker dalam mengarahkan dan memproduksi ditingkatkan melalui produksi dua film pendek asli yang dibuat sepanjang tahun. Kemampuan menulis cerita juga akan berkembang dengan pengiriman dua skrip film pendek dan episode pertama atau garis besar untuk sebuah seri drama televisi.

Mencapai tugas akhir semester perkuliahan film, kalian akan mengasah keterampilan filmografimu ke tingkat khusus dan profesional, sambil memperkuat etika praktis dan pengembangan independen. Kamu akan memproduksi konten kreatif untuk film dan televisi termasuk film pendek 10-12 menit dan memiliki kesempatan untuk memilih antara pengembangan serial televisi atau drama televisi satu-off.

Kamu juga akan mengirimkan proyek penelitian di masa perkuliahan yang berfokus pada area film atau televisi yang dipilih. Materi pelajaran terakhir nantinya dinegosiasikan dengan dosen mata kuliah kamu tempuh  untuk membantu mengembangkan ide dan pendekatan untuk film akhirmu. Selain film, mahasiswi/a juga akan menghasilkan karya tulis akhir. Meski terdengar banyak kerja keras, tapi percayalah kalau tugas-tugas kalian ini akan selalu didukung oleh tutorial oke.

Secara garis besar, kuliah di jurusan film akan mengidentifikasi aspek-aspek produksi yang paling sesuai dengan minat dan kemampuanmu untuk menentukan apakah kamu akan lulus sebagai sutradara, produser, sinematografer, editor, atau perancang suara.


Tentang perkuliahan :

Perkuliahan Produksi Film ini adalah perkuliahan  yang siap mendidik mahasiswanya untuk dapat bekerja di industry perfilman. Setelah lulus dari menempuh kuliah Produksi Film ini, Anda diharapkan mempunyai berbagai kemampuan seperti : Produksi , penulisan naskah, management produksi, directing (penyutradaraan), lighting (penerangan), editing dan sound recording. Materi lain yang diajarkan adalah teori dan sejarah media. 

 

Apakah Jurusan ini Cocok Untukmu?

 Anda mungkin menyukai jurusan ini jika Anda juga menyukai :

  1. Fotografi
  2. Film dan acara televise
  3. Membuat video
  4. Membaca
  5. Story telling dan creative writing
  6. Melukis atau menggambar
  7. Bekerja dengan komputer
  8. Menggunakan software-software editing

Anda perlu mempertimbangkan jurusan ini jika Anda adalah seseorang yang :

  1. Memperhatikan detail
  2. Berfikir dan membaca kritis
  3. Organisatoris
  4. Suka bekerja sama
  5. Inisiatif
  6. Mempunyai kemampuan verball dan menulis

Tahukah kamu?

Pembuatan sebuah film menggabungkan kemampuan komputer, produksi dan pemahaman budaya setempat. Tapi hal yang paling menentukan apakah flm tersebut layak untuk ditonton atau tidak adalah pesan yang ingin disampaikan.

Jika Anda ingin membuat sebuah film yang berkesan, Anda harus menyelipkan pesan yang paling mendalam di dalamnya.

Apa saja yang akan di pelajari?

  1. Pengenalan pada produksi film dan video
  2. Pembuatan film dan video
  3. Produksi dalam stasiun televisi
  4. Directing
  5. Cinematography
  6. Digital editing
  7. Screenwriting
  8. Sound design
  9. Animasi dan spesial effect
  10. Management Produksi
  11. Lighting
  12. Media dan masyarakat
  13. Komunikasi massa

Selama Anda menempuh mata kuliah perfilman, Anda akan banyak belajar dalam sebuah kelompok. Biasanya, dosen akan memberikan sebuah project pembuatan film atau iklan tertentu. Dalam kelompok itulah, Anda akan ditantang untuk mampu berorganisasi dengan baik. Tidak semua orang akan berperan menjadi sutradara. Anda mungkin akan di beri kesempatan untuk menjadi produser, kameraman, editor, script writer dan sound mixer. Di sisi lain, hal ini bagus karena Anda bisa mencoba segala posisi dan menemukan posisi terbaik sesuai passion Anda. Meskipun kebanyakan tugas dilakukan secara berkolompok, penilaian akan tetap didasarkan pada tiap individu. Bobot tertinggi tetap pada skill.

Kedua, jurusan ini bisa jadi cukup costly. Anda mungkin membutuhkan beberapa peralatan pribadi. Seperti kamera, light mater, computer hard drive dan film/tape stock. Tapi biasanya, setiap universitas terakreditasi akan mempunyai laboratorium dan studio pendukung di area kampus. Jadi, masalah peralatan ini tidak akan terlalu membebani. 

 

Kesempatan Karir dan Trend

  1. Independent film/videomaking
  2. Camera person
  3. DOP (Director of Photography)
  4. Sound editor
  5. Designer
  6. Mixer
  7. Asisten produser
  8. Script writer


Apakah Anda menyenangi pembuatan film dan acara-acara TV? Atau Anda bahkan mempunyai hobi membuat klip musik pendek ataupun film pendek di waktu luang Anda? Jika demikian, jurusan ini mungkin cocok buat Anda.

Selain mempelajari mengenai teknik-teknik syuting dan penayangan, Anda juga akan mempelajari sejarah mengenai film dan televisi dari dulu hingga sekarang. Untuk menekuni perkuliahan ini diperlukan kreativitas, paham memanfaatkan teknologi, serta daya analisa yang tinggi untuk membuat film dan pertunjukan televisi yang bisa meraih rating tinggi.


Apa perkuliahan ini tepat untuk saya ?

Mata Kuliah Film dan Televisi mempelajari tentang pembuatan film dan drama hingga penilaiannya. Sektor TV dan perfilman mulai marak sejak 100 tahun yang lalu. Film baru mulai diproduksi pada tahun 1880 an. Jadi Perkuliahan Produksi Film menjadi prioritas bagi calon filmmarker. Jaman dulu, film masih susah untuk diproduksi karena keterbatsan teknologi dan memerlukan biaya yang tinggi. Di jaman sekarang ini berkat perkembangan yang pesat di bidang media dan teknologi memungkinkan film diproduksi dengan biaya yang lebih rendah dan dengan menggunakan teknologi yang sederhana. Bahkan dengan menggunakan telepon selular saja sudah bisa memproduksi film. Para direktor film dari hari ke hari selalu menunjukkan kreatifitas mereka dengan menggunakan CGI (Computer Generated Imagery) dan teknologi kamera 3 dimensi.


Proses kerja

Selain mempelajari tentang cara membuat film dan acara televisi, di Program Studi Ilmu Komunikasi ini Anda juga mempelajari kemampuan utnuk mengadakan riset, manajemen proyek dan komunikasi, dimana semua keahlian ini memungkinkan Anda untuk mengejar profesi di berbagai bidang, bukan hanya di dunia film dan televisi.

Ada banyak lowongan kerja untuk para lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi. Mereka biasanya diterima bekerja di industri perfilman sebagai asisten setting film ataupun mengerjakan proyek multi media mereka sendiri.

Banyak juga para lulusan yang bekerja dengan stasiun-stasiun televisi ternama seperti Jtv Jember, KJTV, Jember 1 TV  ataupun Komunitas Filmmarker sebagai asisten riset. Selain itu bidang marketing, periklanan, industri on-line ataupun jurnalisme juga menerima para lulusan untuk bekerja dengan mereka.

Para lulusan juga bisa bekerja sebagai penulis skenario ataupun direktur film jika mereka mengambil spesifikasi di bidang tersebut.

 

Proses perkuliahan

 Untuk  program sarjana, nilai yang harus dicapai adalah 3 nilai A. lama perkuliahan berlangsung sekitar 16 kali pertemuan tiap minggunya hingga calon mahasiswa harus mempunyai gelar sarjana dengan predikat 2:1. Pembelajaran untuk jurusan ini sangat luas, mulai dari struktur narasi hingga sejarah musikal Hollywood. Jadi akan lebih bagus jika Anda sebelumnya mempunyai sedikit pemahaman mengenai proses pembuatan film sebelum memulai kuliah.

 

Nah, gimana nih Mahasiswa/wi calon Filmmarker? Apakah kalian sudah siap untuk menghadapi berbagai syarat-syarat yang harus dilalui kalau memang kamu mau masuk jurusan film? Jangan pernah patah semangat, ya, sebab kesusahan hari ini boleh jadi merupakan langkah awal menuju kesuksesanmu di masa depan. Jangan lupa baca berbagai artikel menarik lainnya di Estudy Universitas Muhammadiyah Jember yang Up to date.


Mahasiswa mampu menguasai teori periklanan beserta aplikasi periklanan dari perencanaan hingga produksi baik untuk media periklanan below the line maupun media above the line.

Mata kuliah ini menjelaskan tentang teori dan praktek menulis artikel dan editoria di media massa. Artikel dan Editorial (Tajuk Rencana) sebagai produk penulisan opini. Mahasiswa diajarkan tentang konsep dan karakteristik berita yang mengandung opini penulisnya. Mahasiswa diharapkan mampu membuat karya opini dengan format yang baik dan layak dimuat di media yang sebenarnya.

Jurnalistik Elektronik adalah berisi tentang mata jurnalistik di era elektronik, konfergensi media massa serta penulisan dan penyusunan produk jurnalistik di media elektronik

Konsep dasar budaya, komunikasi antar budaya,aspek dalam komunikasi antar budaya, pendekatan dan model