Standart Kompetensi: Memahami hakekat Tuhan dan manusia dalam Islam, Memahami nilai Ketuhanan dan kemanusiaan serta implikasinya bagi pembentukan kepribadian, dan Memahami fungsi nilai-nilai Ketuhanan dan kemanusiaan dalam mengembangkan amal shaleh dalam kehidupan sosial.

Kompetensi Dasar: Mampu Menerapkan hakekat Tuhan dan manusia dalam Islam, Mampu Mewujudkan nilai Ketuhanan dan kemanusiaan serta implikasinya bagi pembentukan kepribadian, dan Mampu Mewujudkan fungsi nilai-nilai Ketuhanan dan kemanusiaan dalam mengembangkan amal shaleh dalam kehidupan sosial.

Dalam lingkup materi Tuhan, manusia dan kehidupan, akan dikaji persoalan-persoalan aktual dan mendasar dalam kehi dupan masyarakat dari berbagai dimensi secara tematik. Yaitu 1). Islam sebagai way of life, 2). Hakekat manusia dalam pandangan Islam, 3). Manusia dan Kehidupan, 4). Iman dan Pengaruhnya dalam Kehidupan, 5). Tauhid dan Urgensinya bagi Kehidupan Muslim, 6). Konsep Aqidah dalam Islam, 7). Syirik dan Bahaya Bagi Manusia, 8). Syirik Zaman Modern, 9). Ahlak Manusia Terhadap ALLAH SWT, 10). Ahlak Manusia terhadap Sesama Manusia, 11). Ahlak Manusia terhadap sesama mahluk Allah, 12). Epilog 1, 13). Epilog 2.