Diskripsi Mata Kuliah:

Pada mata kuliah ini menjelaskan pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem Pendidikan Islam, menjelaskan komponen (unsure) pokok dalam pelaksanaan Pendidikan Islam, prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan pembelajarannya serta menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional

Bahan Kajian:

1.      Konsep dan Ruang Lingkup Sistem Pendidikan Islam: pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem pendidikan Islam.

2.      Prinsip-prinsip pendidikan Islam: metode, pendekatan dan evaluasi pembelajaran

3.      Kedudukan dan hubungan Pendidikan Islam dengan Pendidikan Nasional

4.      Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam: Tarbiyah, Taklim, Ta’dib;

5.      Komponen dan sumber pendidikan Islam: pendidikan dalam pendidikan Islam, peserta didik dalam pendidikan Islam, tujuan dan kurikulum pendidikan Islam, alat/sarana pendidikan Islam, lingkungan pendidikan Islam

6.      Personal pendidikan Islam: pendidik dalam perspektif pendidikan Islam, proses belajar mengajar, evaluasi dalam pendidikan Islam.

7.      Peserta didik dalam pendidikan Islam: etika peserta didik dalam pendidikan Islam, karakteristik peserta didik, urgensi pengenalan peserta didik.

8.      Sistem pendidikan Islam dan Kurikulum pendidikan Islam.

9.      Lembaga Pendidikan Islam: macam-macam lembaga pendidikan Islam dna pengelolaan administrasi pendidikan Islam

10.  Pendekatan, metode pembelajaran, evaluasi dan pengembangan dalam pendidikan Islam

11.  Lingkungan pendidikan Islam: pengertian lingkungan pendidikan Islam, macam-macam lingkungan dan atmosfir akademik, pandangan Islam tentang lingkungan

12. Relevansi pendidikan Islam terhadap kemajuan bangsa: eksistensi pendidikan islam di Indonesia dan moralitas di Indonesia

Daftar Referensi:

Referensi Utama:

1. Abuddin Nata, 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Prenada Media Grup

2. Moh. Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan, 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta : Ar-Ruz Media.

3. Ramayulis, 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia

4. M. Roqib, 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Lkis

5. Muhammad Thalhah Hasan, 2006. Dinamika Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lantabora Press

6. Azyumardi Azra, 2012. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana.

7. Mohammad Daud Ali, 2006. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

8. Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, 2011. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruzz Media.

9. Abuddin Nata, 2012. Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

10.  Muhaimin, 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

11. Nursyamsiyah, Siti. 2021.Manajemen Pendidik (Suatu pendekatan Teoritik). Malang: Ismaya Publising

Referensi Pendukung:

1. Maksum Mukhtar, 2001, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

2. Abudin Nata, 2001, Filsafat Pendidkan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.

3. Hasan Langgulung, 1989. Manusia dan pendidikan Jakarta: Pustaka al-Husna.

4. Umar Tirtarahardja dan S. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

5. Abdul Aziz, 2006. Esai-esai Sosiologi Agama, Jakarta: Diva Pustaka.

6. Basnang Said, 2011. Pendidikan Plural (Upaya Mewujudkan Nehgeri Damai, Makassar: Yatma.

7. Zamachsyari Dhofier. 1982. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES

8. Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.

9.      M. Said, 1985. Ilmu Pendidikan. Bandung: Offset Alumni

10. Nursyamsiyah, Siti. 2019. Penguatan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Mu’adalah di Era Globalisasi (Studi Kasus Pondok Pesantren Modern Baitul Arqom Balung Kabupaten Jember). http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TARLIM/article/viewFile/2067/1704