Diskripsi Mata Kuliah:
Pada mata kuliah ini menjelaskan pengertian
pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan tujuan dan sistem
Pendidikan Islam, menjelaskan komponen (unsure) pokok dalam pelaksanaan
Pendidikan Islam, prinsip-prinsip pendidikan Islam, metode dan pendekatan
pembelajarannya serta menjelaskan secara lengkap dan detail tentang hubungan
Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional
Bahan Kajian:
1. Konsep dan Ruang Lingkup Sistem Pendidikan
Islam: pengertian pendidikan Islam dan ruang lingkupnya, serta menjelaskan
tujuan dan sistem pendidikan Islam. 2. Prinsip-prinsip pendidikan Islam: metode, pendekatan
dan evaluasi pembelajaran 3. Kedudukan dan hubungan Pendidikan Islam
dengan Pendidikan Nasional 4. Hakikat dan Tujuan Pendidikan Islam:
Tarbiyah, Taklim, Ta’dib; 5. Komponen dan sumber pendidikan Islam:
pendidikan dalam pendidikan Islam, peserta didik dalam pendidikan Islam, tujuan
dan kurikulum pendidikan Islam, alat/sarana pendidikan Islam, lingkungan
pendidikan Islam 6. Personal pendidikan Islam: pendidik dalam
perspektif pendidikan Islam, proses belajar mengajar, evaluasi dalam pendidikan
Islam. 7. Peserta didik dalam pendidikan Islam:
etika peserta didik dalam pendidikan Islam, karakteristik peserta didik,
urgensi pengenalan peserta didik. 8. Sistem pendidikan Islam dan Kurikulum
pendidikan Islam. 9. Lembaga Pendidikan Islam: macam-macam
lembaga pendidikan Islam dna pengelolaan administrasi pendidikan Islam 10. Pendekatan, metode pembelajaran, evaluasi
dan pengembangan dalam pendidikan Islam 11. Lingkungan pendidikan Islam: pengertian
lingkungan pendidikan Islam, macam-macam lingkungan dan atmosfir akademik,
pandangan Islam tentang lingkungan 12. Relevansi pendidikan Islam terhadap kemajuan
bangsa: eksistensi pendidikan islam di Indonesia dan moralitas di Indonesia Daftar Referensi: Referensi Utama: 1.
Abuddin Nata, 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Prenada Media Grup 2.
Moh. Haitami Salim dan Syamsul
Kurniawan, 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta : Ar-Ruz Media. 3.
Ramayulis, 2006. Ilmu Pendidikan Islam,
Jakarta: Kalam Mulia 4.
M.
Roqib, 2009. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Lkis 5.
Muhammad Thalhah Hasan, 2006. Dinamika
Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lantabora
Press 6.
Azyumardi Azra, 2012. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan
Milenium III, Jakarta: Kencana. 7.
Mohammad Daud Ali, 2006. Pendidikan
Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 8.
Syamsul Kurniawan dan Erwin Mahrus, 2011. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Ar-Ruzz Media. 9.
Abuddin Nata, 2012. Sejarah Sosial Intelektual Islam dan Institusi Pendidikannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 10.
Muhaimin, 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Referensi Pendukung:
1.
Maksum Mukhtar, 2001, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana Ilmu. 2.
Abudin Nata, 2001, Filsafat Pendidkan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu. 3.
Hasan Langgulung, 1989. Manusia dan pendidikan
Jakarta: Pustaka al-Husna. 4.
Umar Tirtarahardja dan S. La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 5.
Abdul Aziz, 2006. Esai-esai Sosiologi Agama, Jakarta: Diva Pustaka. 6.
Basnang Said, 2011. Pendidikan Plural (Upaya Mewujudkan
Nehgeri Damai, Makassar: Yatma. 7.
Zamachsyari Dhofier. 1982. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES 8.
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS. 9. M. Said, 1985. Ilmu Pendidikan. Bandung: Offset Alumni
- Teacher: Dr. Siti Nursyamsiyah, M.Pd