Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh


Selamat Datang di E-Study.

Mata Kuliah Matematika Rekayasa.

Mari kita mulai perkuliahan ini dengan membaca Basmallah bersama-sama. Semoga Allah SWT memberi kemudahan dalam memahami ilmu yang akan kita pelajari. Aamiin. 


Profil Mata Kuliah Matematika Rekayasa 

Kode Mata Kuliah : TSI 09 

SKS                        : 2


1. Capaian Pembelajaran 

  • Mahasiswa memahami pentingnya  penggunaan matematika rekayasa pada keilmuan Teknik Sipil,mampu menguasai konsep matematika dasar seperti pertambahan, pengurangan,perkalian dan pembagian pada umumnya dan diterapkan pada berbagai macam konsep seperti pada fungsi, persamaan differensial, persamaan Laplace, Matriks, dan Vektor pada khusunya

  • Mahasiswa memahami dasar dan sejarah konstanta Matematika yang umumnya digunakan  perhitungan  Matematika.Mahasiswa memahami prinsip-prinsip metode perhitungan yang diperlukan menganalisa   fenomena fisik dan merumuskan atau memecahkan persoalan-persoalan Teknik Sipil.


2. Deskripsi Mata Kuliah 

Perkuliahan ini membahas tentang pengantar persamaan differensial pada umumnya dan persamaan differensial orde dua pada khususnya, transformasi serta invers Laplace, Matriks, dan Vektor. Selain itu, diberikan pemahaman tentang konstanta-konstanta umum yang biasanya diberikan pada perhitungan Matematika, serta pengkajian ulang kemampuan dasar dalam perhitungan Matematika.        


3. Materi Yang Akan Disampaikan 

  • Menguasai persamaan differensial dan implementasinya pada keilmuan Teknik Sipil

  • Memahami persamaan differensial orde dua linier homogeny dan implementasinya pada keilmuan Teknik Sipil.

  • Memahami materi Transformasi Laplace dan kegunaannya pada keilmuan Teknik Sipil.

  • Memahami materi Invers Laplace serta hubungannya dalam keilmuan Teknik Sipil.

  • Memahami  konsep  matriks  dan  implementasinya  pada keilmuan Teknik Sipil.

  • Memahami konsep vector keilmuan Teknik Sipil.

  • Memahami dasar dan sejarah umum dari konstanta yang umumnya digunakan pada matematika, seperti e, π, i, dan √2

  • Mahasiswa memahami perhitungan yang diperlukan untuk menganalisa fenomena fisik  dan  merumuskan   atau  memecahkan  persoalan-persoalan Teknik Sipil.


4. Penilaian/Evaluasi 

  • Presensi/Kehadiran (A) : 5 %

  • Presentasi (B)               : 20%

  • Tugas (C)                      :15%

  • UTS (UTS)                    :30%

  • UAS (UAS)                    :30%

  • Keaktifan mahasiswa bertanya dan     : Penambahan 1 poin setiap 1 kali mahasiswa aktif; penambahan pada nilai akhir mahasiswa

       menjawab, serta kuis (D)

Nilai Akhir :  ((5A+20B+15C+30UTS+30UAS):100) + D


5. Refrensi 

  • Purcell, E.J., "Kalkulus dan  Geometri Analitik (Terjemahan)", edisi 5, Erlangga, Jakarta, 1992.
  • Moekidam, Yoewono, "Matematika I", Kopma Unibraw, Malang, 1991.
  • Moekidam, Yoewono, "Matematika II", Kopma Unibraw, Malang, 1991.
  • Murray, Spiegel, "Schaum's Outline of Advanced Mathematics for Engineers and Scientists", McGraw Hill, 2009.
  • Kreyszig, Erwin, "Advanced Engineering Mathematics", 10th ed., John Willey & Sons, Inc., 2010.