S1 - ILMU KEPERAWATAN

Ini mata kuliah tentang pengobatan komplementer. Pengobatan Islami

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaykum wa Rohmatullahi wa Barokatuh

Selamat Datang di Mata Kuliah Keselamatan Pasien dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. 

Fokus mata kuliah ini adalah pada pemenuhan kebutuhan kesehatan dan keselamatan perawat saat memberikan asuhan keperawatan klien serta keselamatan pasien.  Aspek penting yang harus menjadi perhatian adalah mengatur lingkungan pelayanan keperawatan dalam pemberian asuhan keperawatan yang aman dari hazard dan risiko kesehatan di tempat kerja baik di dalam maupun di luar gedung, serta keselamatan pasien.  Konsep dasar kesehatan kerja diterapkan dalam setiap tahap proses keperawatan sejak pengkajian hingga evaluasi. Pembahasan ditekankan pada upaya mengenali hazard dan risiko serta berbagai upaya meminimalkannya pada setiap tahap proses keperawatan.

Pokok Bahasan pada perkuliahan ini adalah:

  1. Prinsip dan konsep keselamatan pasien
  2. Pengaruh faktor lingkungan dan manusia pada keselamatan pasien
  3. Cara meningkatkan keselamatan pasien dengan peningkatan kualitas
  4. EBP untukpeningkatan keselamatan pasien
  5. Budaya dalam lingkup kerja perawat dalam peningkatan keselamatan pasien
  6. Mengenali dan berespon terhadap penyebab terjadinya adverse event terkait prosedur invasif
  7. K3 dalam keperawatan; pentingnya, tujuan, manfaat, etika, ruang lingkup, kebijakan terkait K3 keperawatan di Indonesia
  8. Konsep dasar K3: sehat, kesehatan kerja, risiko dan hazard dalam pemberian asuhan keperawatan (somatik, perilaku, lingkungan, ergonomik, pengorganisasian pekerjaan dan budaya kerja)
  9. Risiko dan hazard dalam pengkajian perencanaan, implementasi dan evaluasi pada asuhan keperawatan
  10. Peran, proses dan  pentingnya manajemen risiko serta hierarki pengendalian risiko
  11. Manajemen risiko K3 didalam dan diluar gedung
  12. Penggunaan teknologi dalam peningkatan keselamatan pasien
  13. Peran kerja tim untuk keselamatan pasien dan peran pasien dan keluarga sebagai partner untuk mencegah terjadinya bahaya dan adverse event
  14. Penyakit menular maupun tidak menular dan cidera akibat kerja pada perawat serta upaya pencegahnnya
  15. Upaya mencegah dan meminimalkan risiko dan hazard pada tahap pengkajian perencanaan, implementasi dan evaluasi pada asuhan keperawatan
  16. Upaya memutus rantai infeksi; precaution dan medication safetyUpaya mencegah hazard fisik-radiasi, kimia, psikososial dan mempertahankan ergonomi saat bekerja


Assalamualaikum.. Keperawatan Jiwa 2 akan membahas tentang 7 Gangguan Jiwa, 5 Resiko Gangguan Jiwa dan 8 Sehat Jiwa

Diharapkan mahasiswa mampu membuat :

1. Laporan Pendahuluan

2. Asuhan keperawatan jiwa 2 mulai dari pengkajian, diagnosis, perencanaan, tindakan dan evaluasirapi

3. Strategi Pelaksanaan 

4. Terapi Aktivitas Kelompok

5. Analisa Proses Interaksi

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat datang di perkuliahan Keperawatan gerontik. Ini adalah mata kuliah wajib di semester 7. 

Fokus mata ajar keperawatan gerontik adalah   membahas konsep dasar keperawatan gerontik, berbagai teori keperawatan gerontik dan asuhan keperawatan dalam pemenuhan   kebutuhan   dasar   lansia.   Penerapannya   pada   asuhan   keperawatan gerontik melingkupi pembahasan mengenai kebutuhan bio, psiko, social dan spiritual pada lanjut usia dengan sasaran individu, keluargadankelompok/komunitas.

Pembahasan mata ajar ini meliputi teori dan praktikum laboratorium dalam pemenuhan kebutuhan klien lanjut usia dengan gangguan bio, psiko, social dan spiritual. Proses pembelajaran mata kuliah gerontik ini diarahkan agar mahasiswa memperoleh kemampuan dalam melakukan asuhan keperawatan yang meliputi melakukan pengkajian, menentukan diagnosa yang sesuai, merencanakan intervensi keperawatan, melakukan tindakan keperawatan di laboratorium dan melakukan evaluasi dan dokumentasi pada berbagai contoh kasus gangguan kebutuhan dasar lansia. Proses pembelajaran pada mata ajar ini dilakukan melalui teori dengan pendekatan Student Center Learning (SCL) dan praktikum laboratorium kampus.

Dengan sub pokok bahasan meliputi (1) karakteristik umum lansia, (2) teori menua, (3) perubahan pada lansia, (4) masalah kesehatan umum lansia, (5) upaya kesehatan lansia, (6) konsep dasar keperawatan gerontik, (7) aspek legal etik keperawatan gerontik, (8) teknik komunikasi pada lansia, (9) konsep dasar asuhan keperawatan gerontik, (10) askep lansia dengan nyeri, (askep lansia dengan jatuh / resiko jatuh , (11) askep lansia dengan gangguan nutrisi, (12) askep lansia dengan inkontinensia uri, (13) askep pada lansia gangguan istirahat, (14) gangguan istirahat, (15) askep lansia dengan demensia, (16) askep lansia menjelang ajal dan (17) EBP dalam keperawatan gerontik


Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,Selamat datang, anda sekarang sedang terhubung dengan mata kuliah Proses dan Dokumentasi Keperawatan. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh pada semester 3. Mata kuliah ini berisi beberapa Capaian pembelajaran. antara lain: Bab 1 Mahasiswa mampu menguraikan: 1) proses keperawatan; 2) keperawatan dan ranah standar kompetensi perawat Indonesia; 3) Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.  Bab 2 Mahasiswa mampu menguraikan: 1) pengertian pengkajian; 2) tujuan pengakajian; 3) kegiatan dalam pengkajian ; 4) pengumpulan data keperawatan; 5) dokumentasi pengkajian; 6) capaian pembelajaran tahap pengkajian; 7) pengkajian berdasarakan jenjang pendidikan perawat.  Bab 3 Mahasiswa mampu menguraikan: 1) pengertian diagnosis keperawatan; 2) tujuan dan manfaat diagnosis; 3) kegiatan dalam diagnosis; 4) tipe diagnosis; 5) diagnosis NANDA; 6) diagnosis SDKI; 7) dokumentasi diagnosis; 8) capaian pembelajaran tahap diagnosis; 8) aplikasi KKNI.  Bab 4 Mahasiswa mampu menguraikan: 1)  pengertian perencanaan; 2) tujuan perencanaan; 3) kegiatan dalam perencanaan; 4) dokumentasi perencanaan; 5) capaian pembelajran tahap perencanaan; 6) aplikasi KKNI pada tahap perencanaan.  Bab 5 Mahasiswa mampu menguraikan: 1) pengertian pelaksanaan; 2) tujuan pelaksanaan; 3) kegiatan dalam pelaksanaan; 4) tahap pelaksanaan; 5) dokumentasi pelaksanaan; 6) capaian pembelajaran tahap pelaksanaan; 7) aplikasi KKNI tahap pelaksanaan.  Bab 6 Mahasiswa mampu menguraikan: 1) pengertian evaluasi; 2) tujuan evaluasi; 3) kegiatan dalam evaluasi; 4) macam evaluasi; 5) kerangka waktu dalam evaluasi; 6) dokumentasi evaluasi; 7) capaian pembelajaran tahap evaluasi; 8) aplikasi KKNI tahap evaluasi. Anda bisa meng enrol sebagai mahasiswa. oke selamat belajar semangat 45.