Fakultas Ilmu Kesehatan

Help with Search courses

Assalamualaikum WR WB materi ini 

Matakuliah Mobile integrated module for statistics in medicine akan diajarkan dalam bentuk matakuliah daring dengan sistem e-learning. Topik-topik yang diajarkan meliputi pengantar statistik,  statistik deskriptif, distribusi frekuensi, ukuran nilai pusat, statistik inferensial, statistik parametris, statistik non parametris, populasi dan sampel, kajian literatur


Mampu memahami pentingnya Bahasa Inggris dalam profesi keperawatan dan mengidentifikasi artikel tentang are you a nursing professional?


Fokus cabang ilmu ini membahas konsep gerontologi, yang meliputi proses penuaan dan permasalahanny, konsep asuhan keperawatan gerontik dengan pendekatan bio-psikososial-kultur-spiritual sebagai respon individu dan keluarganya sehubungandengan proses penuaan lingkup asuhan keperawatan meliputi peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pemeliharaan kesehatan gerontik suatu peran keluarga dan komunitas. Proses pembelajaran memberikan pengalaman belajar pemahaman dan ketrampilan asuhan keperawatan gerontik.


Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep - konsep dan prinsip – prinsip sertatrend dan isu kesehatan dan keperawatan jiwa. Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang klien sebagai sistem yang adaptif dalam tentang respons sehat jiwa sampai ganggua jiwa, psikodinamika, terjadinya masalah kesehatan/keperawatan jiwa yang umum di Indonesia.  Upaya  keperawatan  dalam  pencegahan  primer,  sekunder  dan  tertier terhadap  klien  dengan masalah  psikososial dan spiritual  serta gangguanjiwa  juga merupakan   fokusdalam   mata   kuliah   ini,  termasukhubungan   terapeutik   secara individu dan dalam koteks keluarga, dan penerapan terapi modalitas keperawatan. Pengalamn   belajar   ini   akan   berguna   dalam   memberikan   pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi kepeerawatan jiwa pada area keperawatan lainnya.

Mata kuliah ini merupakan  kajian yang berkelanjutan tentang penerapan proses keperawatan di tatanan teori dan praktis. Mata kuliah ini juga merupakan mata kuliah yang telah  rekonstruksi. Capaian pembelajaran yang harus dikuasai adalah mampu menjelaskan standar profesi dan KKNI yang menjadi basic knowledge and basic comptence capaian pembelajaran pada masing-masing level jenjang pendidikan. Capaian kedua adalah mampu menerapkan  proses keperawatan berbasis KKNI.