Fakultas Hukum

Help with Search courses

Adat adalah merupakan pencerminan daripada suatu kepribadian bangsa, merupakan salah satu penjelmaan daripada jiwa bangsa yang bersangkutan dari abad ke abad.

Oleh karena itu maka tiap bangsa di dunia ini, memiliki adat kebiasaan sendiri-sendiri yang satu dengan lainnya tidak sama.

Justru oleh ketidaksamaan inilah, kita dapat mengatakan, bahwa Adat itu merupakan unsur yang terpenting yang memberikan identitas kepada bangsa yang bersangkutan.

Tingkatan peradaban maupun cara penghidupan yang modern ternyata tidak mampu menghilangkan adat kebiasaan yang hidup dalam masyarakat.

Yang terlihat dalam proses kemajuan zaman itu adalah bahwa adat tersebut menyesuaikan diri dengan keadaan dan kehendak zaman, sehingga Adat itu menjadi kekal, serta tetap segar.

Mata Kuliah AIK I adalah mata kuliah tentang Keimanan dan Kemanusian, akan dikaji persoalan-persoalan aktual dan mendasar dalam kehidupan masyarakat dari berbagai dimensi secara tematik. Diantaranya adalah tentang Islam sebagai Way of life, Hakekat Manusia dan Kehidupan, Iman dan Tauhid, ke-Syirikan, serta tema-tema lainnya yang kontemporer.